Acara Talking ASEAN on "Regional Competition for Infrastructure Investment in ASEAN" yang telah dilaksanakan pada Kamis, 19 Desember 2019 di The Habibie Center diliput oleh Akurat.co ke sebuah artikel berjudul '4 Negara Ini Berebut Proyek Besar Infrastruktur di Asia.' Untuk artikel selengkapnya, silakan lihat di bawah:

4 Negara Ini Berebut Proyek Besar Infrastruktur di Asia

Pembangunan infrastruktur di Asia Pasifik diperebutkan oleh empat negara besar, yaitu China, Jepang, AS, dan Australia.

Namun, persaingan yang terjadi bukanlah tentang dua negara adidaya dunia, yaitu Amerika Serikat dan China saja.

Hal ini karena dalam pendanaan tersebut, China sejatinya lebih bersaing dengan Jepang berdasarkan proyek yang digarapnya. Sementara, Amerika Serikat sejatinya lebih bersaing dengan Australia.

"Yang saya lihat begini, keempat-empatnya itu berkompetisi. tapi tidak saling berkompetisi dengan satu sama lain, aktor itu beda-beda," kata peneliti INDEF Zulfikar Rakhmat di Habibie Center, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

"China itu kompetisi lebih ke Jepang, US lebih ke Australia. Jadi persaingan US dan China di sini kayaknya belum begitu banyak," tambahnya.

Ia mencontohkan, ketika pemerintah ingin menggarap mobil listrik, pemerintah langsung memanggil China bekerja sama. Sementara, Jepang yang telah lama memiliki kerja sama dalam otomotif, baru dipanggil setelahnya.

Sementara itu, Australia pun baru melakukan kerja sama dengan Asean dalam hal ini melalui ASEAN-Australia Cooperation pada 2018. AS sendiri pun baru sejak pemerintahan Presiden Amerika Serikat Donald Trump digulir dengan inisiatif Overseas Private Investment Cooperation (OPIC).

Untuk diketahui, investasi infrastruktur China di ASEAN telah meningkat pesat dengan rencana ambisinya berupa Belt and Road Initiave. Jepang turut menunjukkan keseriusannya dalam melakukan investasi infrastruktur di ASEAN dengan 240 proyek bernilai US$367 miliar, melampaui China yang hanya 210 proyek dengan nilai US$255 miliar.

[Artikel ini pertama kali diposting oleh Akurat.co pada tanggal 19 Desember 2019 dan bisa ditemukan di: https://akurat.co/ekonomi/id-915554-read-4-negara-ini-berebut-proyek-besar-infrastruktur-di-asia]

Share
Ingin mendapatkan informasi aktifitas The Habibie Center?