Acara TechTalk Webinar yang diselenggarakan oleh The Habibie Center pada tanggal 15 Juli 2020 dengan judul 'Industri Penerbangan Pasca Pandemi: Lepas Landas atau Lepas Kendali?' dikutip dalam sebuah artikel Merdeka.com berjudul 'Kemenhub: Trafik Penerbangan Naik 80 Persen di Masa Transisi New Normal.' Untuk artikel selengkapnya, silakan lihat di bawah:

Kemenhub: Trafik Penerbangan Naik 80 Persen di Masa Transisi New Normal

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatat bahwa trafik penerbangan mengalami kenaikan sebesar 80 persen setelah memasuki masa transisi new normal.

"Kita memonitor sudah mulai naik 80 persen trafiknya naik, harapan kita bisa menaikkan agar signifikan. Walaupun ada penekanan di sektor transportasi karena adanya covid-19, khususnya dunia internasional yang bertujuan untuk menekan penyebaran covid-19," kata Direktur Keamanan Penerbangan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Mohammad Alwi, dalam webinar The Habibie Center, Rabu (15/7).

Dia mengakui, pandemi covid-19 menyebabkan penurunan jumlah penumpang, baik domestik maupun internasional. Yang tentunya berpengaruh terhadap pendapatan negara dan pendapatan maskapai itu sendiri.

Meskipun saat ini trafik penerbangan sudah mulai merangkak naik secara bertahap. Namun tetap saja masih ada masalah yang ditimbulkan, salah satunya jumlah penerbangan yang telah disiapkan oleh berbagai maskapai tidak seimbang dengan jumlah penumpang atau demand-nya.

"Maskapai yang punya 200 pesawat yang diterbangkan hanya 20 persen, karena bukan hanya pesawatnya sudah siap beroperasi tapi penumpangnya yang masih sepi," ujarnya.

Oleh karena itu, Kemenhub sebagai regulator selalu berusaha untuk mensosialisasikan dan menginformasikan kepada masyarakat, bahwa moda transportasi pesawat lebih aman dibanding transportasi lainnya.

"Pesawat merupakan moda yang lebih aman daripada moda transportasi lain," ujarnya.

Sektor Penerbangan Pengaruhi Banyak Hal

Namun demikian, dia menegaskan kembali dengan banyaknya dampak yang ditimbulkan covid-19 terhadap sektor penerbangan, juga berpengaruh kepada aktivitas sektor lainnya yang juga menurun, yakni sektor pariwisata, perindustrian, perdagangan dan lainnya.

"Namun sekarang sudah mulai nampak peningkatan, diharapkan ada peningkatan yang signifikan yang bisa dicapai seperti tahun-tahun berikutnya," pungkasnya.

[Artikel ini pertama kali diposting oleh Merdeka.com pada tanggal 15 Juli 2020 dan bisa ditemukan di: sini]

Share
Ingin mendapatkan informasi aktifitas The Habibie Center?