Pada hari Selasa, 23 Januari 2018, The Habibie Center akan mengadakan Dialog Demokrasi dengan tema "Catatan 2017 dan Harapan 2018" di Gedung The Habibie Center, Jakarta. Dialog Demokrasi kali ini akan menghadirkan Indria Samego (Anggota Dewan Pakar The Habibie Center), Umar Juoro (Anggota Dewan Pakar The Habibie Center), Sofian Effendi (Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center dan Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara), M. Hasan Ansori (Peneliti Senior Kajian Konflik dan Perdamaian The Habibie Center), dan Wirya Adiwena (Head of International Relations The Habibie Center) sebagai pembicara serta Rahimah Abdulrahim (Direktur Eksekutif The Habibie Center) sebagai moderator.

Tujuan dari Dialog Demokrasi kali ini adalah untuk:

  1. Mendiskusikan kepemimpinan dan kebijakan Presiden Joko Widodo selama tahun 2017 dalam bidang politik, ekonomi, konflik sosial, dan luar negeri,
  2. Mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi Indonesia pada tahun 2018, dan
  3. Menghasilkan rekomendasi kebijakan bagi kepemimpinan Presiden Joko Widodo di tahun 2018 dalam bidang politik, ekonomi, konflik sosial, dan luar negeri.

Tahun 2017 menjadi tahun ujian bagi pemerintahan Presiden Joko Widodo dengan dilaksanakannya pilkada serentak gelombang kedua di bulan Februari lalu. Tahun 2017 pun menjadi tahun persiapan bagi pelaksanaan pilkada gelombang ketiga tahun 2018. Harus diakui pelaksanaan pilkada serentak memerlukan perhatian khusus dari penyelenggara pemilu dan aparat keamanan guna mengatasi potensi konflik yang mungkin saja terjadi secara serentak di beberapa daerah sekaligus. Konflik ini merupakan manifestasi dari beberapa persoalan yang terjadi di tingkat lokal seperti rivalitas antar kandidat dan mobilisasi masa berbasis suku. Tantangan lain terkait pilkada 2018 adalah memastikan netralitas aparatur sipil negara (ASN) berjalan dengan baik. Tahun 2017 pun menjadi tahun dimana isu korupsi semakin mendapatkan sorotan dalam kehidupan politik dan hukum di Indonesia. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) gencar melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terbesar sepanjang sejarah. Pencapaian tersebut diiringi dengan dua politisasi kasus korupsi yang menyita perhatian, pembentukan panitia khusus hak angket KPK dan E-KTP.

Sementara itu, bidang ekonomi menunjukkan tren yang positif. Pertumbuhan ekonomi Indonesia mencapai 5,1% dan diproyeksikan mencapai 5,4% di tahun 2018. Kondisi inflasi 2017 pun cukup terjagada di 3,5% (YoY) diikuti dengan surplus neraca pembayaran Indonesia selama tahun 2017 sebesar US$ 10,6 milliar hingga triwulan ketiga. Yang perlu menjadi catatan adalah adanya penundaan konsumsi rumah tangga kelas menengah. Padahal pertumbuhan konsumsi rumah tangga merupakan pendorong terpenting pertumbuhan ekonomi.

Walaupun secara realistis politik luar negeri bukan merupakan prioritas pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla, tahun 2017 menjadi tahun penegasan bahwa tatanan dunia tengah dirundung perubahan. Amerika Serikat di era kepresidenan Donald Trump saat ini semakin menarik diri dari arsitektur pemerintahan global dan menciptakan kekosongan yang diisi dengan baik oleh Tiongkok. Sedangkan di tingkat regional, pengungsi Rohingya menjadi pekerjaan rumah besar bagi ASEAN dan Indonesia sebagai primus inter pares di kawasan. Isu Palestina sebagai perhatian utama politik luar negeri Indonesia pun kembali mengemuka di penghujung tahun 2017 dengan adanya rencana pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Israel ke Jerusalem. Di tengah berbagai perubahan tersebut, Indonesia diharapkan semakin aktif dalam politik luar negeri di 2018. Terlebih, Indonesia kembali mengajukan kandidasi sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pembahasan lebih lanjut terkait bidang politik, birokrasi pemerintahan, ekonomi, konflik sosial, dan luar negeri selama tahun 2017 dan agenda di tahun 2018 akan dibahas lebih lanjut dalam Dialog Demokrasi "Catatan 2017 dan Harapan 2018".

Kontak:

Mila Oktaviani
Communication Officer
The Habibie Center
Jl. Kemang Selatan No. 98 Jakarta 12560
Tel: (62-21) 7817211
Fax: (62-21) 7817212
Email: mila@habibiecenter.or.id

Share

Komentar

Tinggalkan balasan

Ingin mendapatkan informasi aktifitas The Habibie Center?